Belajar berempati di tempat bekerja

Belajar berempati di tempat bekerja
Empati

Banyak orang kerap berpikir bila simpati dan empati memiliki persamaan makna. Nyatanya keduanya ini berbeda.Empati memiliki pengertian yang lebih dalam dari simpati.

Apa itu simpati? Simpati adalah perasaan yang dimiliki bersama biasanya berupa kasihan, belas kasihan, keprihatianan dan kesedihan untuk orang lain.

Contoh bentuk dari simpati adalah ketika ada anggota keluarga salah seorang karyawan meninggal, kamu merasa simpati terhadap rekan kerjamu tersebut hingga berbagi kesedihan dengannya.

Namun, dalam situasi ini kamu tidak berarti memiliki empati, sebab kamu belum pernah mengalami situasi itu dan belum bisa membayangkan bila anggota keluargamu meninggal juga.

Sebaliknya,seperti yang disebutkan di atas empati adalah menempatkan diri seperti orang lain dan mengidentifikasi diri dengannya. Contoh bentuk empati akan dirasakan oleh orang-orang yang pernah mengalami situasi kesulitan yang sama dalam hidupnya.

Terkadang bukan hal yang mudah untuk membangun empati di tempat kerja. Namun bukan berarti tidak bisa ya. Berikut beberapa saran yang bisa kamu coba terapkan.

1. Belajar mendengarkan dengan baik dan hati-hati

2. Perlakukan orang lain dengan baik

3. Bangun komunikasi terbuka

4. Habiskan waktu seharian bersama tim